Sabtu, 20 Oktober 2012

ketanpakan alam dan ketampakan buatan

KETAMPAKAN ALAM DAN KETAMPAKAN BUATAN

KETAMPAKAN ALAM

Ketampakan alam adalah apa yang terlihat dipermukaan bumi dan diciptakan bukan oleh manusia, tetapi sang Pencipta Allah SWT.

Jenis-jenis Ketampakan alam yang akan dipelajari adalah sebagai berikut :

1. Gunung
Puncak Cartenz, Papua
Gunung adalah permukaan bumi yang memiliki ketinggian > 600 m. Dalam peta, gunung digambarkan dengan simbol segitiga (Δ), jika segitiga tersebut berwarna merah maka berarti gunung yang masih aktif, namun jika simbol tesebut berwarna hitam maka berarti gunung tersebut sudah tidah aktif. Banyak sekali gunung yang terdapat di Indonesia. Gunung tertinggi di wilayah Indonesia adalah Puncak Jaya (Gunung/Puncak Cartenz) di Provinsi Papua (5.030 meter). Ketinggian Puncak Jaya sudah melebihi batas salju daerah tropis, sehingga puncaknya selalu diselimuti salju abadi.
Gunung-gunung tertinggi di tiap pulau dan kepulauan di Indonesia adalah Gunung Kerinci di Pulau Sumatera (3.805 m), Gunung Semeru di Pulau Jawa (3.676 m), Gunung Bukit Raya di Pulau Kalimantan (2.278 m), Gunung Rantekombola di Pulau Sulawesi (3,465 m), Gunung Agung di Pulau Bali (3.142 m), Gunung Rinjani di Kepulauan Nusa Tenggara (3.726 m), dan Gunung Gamalama di Kepulauan Maluku (2.700 m).

2. Pegunungan
Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera
Pegunungan adalah rangkaian dari beberapa gunung. Pegunungan yang terdapat di Indonesia antara lain :
a. Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera
b. Pegunungan Kendeng di Jawa
c. Pegunungan Kapuas Hulu, Pegununungan Schwaner, Pegunungan Muller, Pegunungan Meratus di Kalimantan
d. Pegunungan Tangkeleboke, Pegunungan Matarombe, Pegunungan Meluhu, dan Pegunungan Boroborodi Sulawesi
e. Pegunungan Jayawijaya di Papua


3. Dataran Tinggi
Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah
Dataran Tinggi adalah permukaan bumi yang memiliki ketinggian 200 - 600 m. Dataran tinggi di Pulau Sumatera membentang di bagian tengah sejajar dengan Pengunungan Bukit Barisan. Dataran tinggi di Sumatera, antara lain Dataran Tinggi Pasai, Alas, dan Gayo (Aceh), serta Dataran Tinggi Karo (Sumatera Utara).
Dataran tinggi lainnya di wilayah Indonesia adalah Dataran Tinggi Puncak (Jawa Barat), Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah), Dataran Tinggi Ijen (Jawa Timur) dan Dataran Tinggi Madi (Kalimantan Barat).




4. Dataran Rendah
Dataran Rendah adalah permukaan bumi yang memiliki ketinggian < 200 m. dalam peta datarn rendah digambarkan dengan simbol wilayah berwarna hijau. Dataran rendah banyak digunakan untu pemukiman manusia.

5. Danau
Danau adalah cekungan di daratan yang terisi oleh air. Danau terluas di Indonesia adalah danau Toba yang memiliki Pulau Samosir di bagian tengahnya. Selain danau Toba, danau yang memiliki Pulau di bagian tengahnya adalah Danau Towuti yang terletak di Sulawesi Tengah. Pulau Luha adalah pulau yang terletak di tengah Danau Towuti. Banyak sekali danau yang terdapat di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, mari lihat tabel dibawah ini.

6. Sungai
Sungai Kapuas
Sungai adalah air yang mengalir di permukaan bumi dari hulu ke hilir atau dari gunung ke muara. Sungai yang terpanjang adalah sungai Kapuas yang terletak di provinsi Kalimantan Barat dengan panjang mencapai 1.143 km.
Sesuai dengan keadaannya, sungai dimanfaatkan untuk berbagai hal. Antara lain, sarana transportasi, perikanan, pengairan, sumber tenaga listrik, olahraga, dan rekreasi. Sungai yang lebar dengan arusnya yang lambat banyak digunakan sebagai sarana transportasi penghubung antardaerah. Selain itu, dapat juga digunakan untuk pasar terapung dan pengangkutan kayu hasil penebangan. Contohnya, pasar terapung di Sungai Kapuas Kalimantan. Beberapa sungai lainnya yang terkenal di Indonesia adalah Sungai Musi di Palembang (Sumatera) yang terkenal dengan jembatan Ampera Sungai Bengawan Solo melintasi Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ; Sungai Memberamo dan Sungai Digul yang tairnya berasal dari campuran hujan dan es yang mencair yang terdapat di Papua.

7. Laut
Laut adalah perairan asin yang sangat luas. Dalam peta laut digamabarkan dengan simbol area berwarna biru. Semakin tua warna biru, maka kedalaman laut tersebut semakin bertambah.
Laut berfungsi sebagai penghubung antar-pulau. Kedalaman laut di Indonesia berbeda-beda, ada yang dangkal dan dalam. Laut dangkal memiliki kedalaman kurang dari 2000 m, contohnya adalah laut-laut di antara Pulau Kalimantan dan Jawa, atau Pulau Sumatera dan Selat Malaka.
Laut dalam memiliki kedalaman antara 3.000 m-6.000 m. Seperti Laut Buru, Laut Timur, Laut Sulawesi, atau Laut Banda yang merupakan laut terdalam di Indonesia. Laut juga menghasilkan minyak bumi yang digali di tengah laut lepas.

8. Selat
Selat adalah perairan sempit yang berada diantara dua pulau. Sebagai Negara kepulauan, Indonesia pasti memiliki banyak selat. Berikut ini adalah beberapa selat yang terkenal di Indonesia, antara lain :
Selat Sunda
a. Selat Alas Berada di Antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa
b. Selat Bali Berada di Antara Pulau Jawa dan Pulau Bali
c. Selat Benggala Berada di Sebelah selatan Pulau Weh dan Banda Aceh
d. Selat Berhala Berada di Pulau Lingga Provinsi Riau
e. Selat Gaspar Berada di Antara Pulau Bangka dan Pulau Belitung
f. Selat Karimata Berada di Antara Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan
g. Selat Malaka diantara Pulau Sumatera dan Malaysia
h. Selat Makasar diantara Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi
i. Selat Lombok Berada di Antara Pulau Bali dan Pulau Lombok
j. Selat Sunda Berada di Antara Pulau Sumatra dan Pulau Jawa

9. Tanjung
Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Tanjung yang dimiliki Indonesia antara lain Tanjung Jambuaye di Banda Aceh dan Tanjung Pamanukan di Banten.

10. Teluk
Lautan yang menjorok ke daratan. Teluk yang dimiliki oleh Indonesia antara lain Teluk Tomini, Teluk Bone, dan Teluk Tolo di Sulawesi.


KETAMPAKAN BUATAN
Ketampakan buatan adalah apa yang terlihat dipermukaan bumi dan diciptakan oleh manusia. Beberapa
 Ketampakan alam yang akan dipelajari adalah sebagai berikut :
1. Bendungan
Waduk Jatiluhur
Bendungan atau waduk dibuat untuk tempat menampung air. Waduk disebut juga danau buatan. Waduk biasanya dibuat dengan cara membendung satu atau beberapa sungai. Waduk dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain :
• mengendalikan banjir
• mengairi lahan pertanian
• pembangkit listrik
• tempat budidaya ikan, dan
• tempat rekreasi atau pariwisata
Contoh waduk diIndonesia antara lain, Waduk Jatiluhur, Saguling, dan Cirata yang membendung aliran Sungai Citarum di Jawa Barat, Waduk Gajah Mungkur di Jawa Tengah, dan Waduk Asahan di Sumatra Utara.

2. Pelabuhan
Pelabuhan adalah tempat berlabuhnya kapal laut. Ada dua jenis pelabuhan, yaitu pelabuhan domestik dan pelabuhan internasional.
Pelabuhan Tanjung Priok (di Jakarta) adalah salah satu pelabuhan internasional. Pelabuhan ini melayani masuk dan keluarnya barang-barang dari dan ke luar negeri. Pelabuhan laut lainnya yang terdapat di Indonesia adalah Pelabuhan Tanjungpinang, Telukbayur, Merak, Belawan, Tanjung emas, dan Tanjung Perak.

3. Bandara
Lapangan terbang atau Bandar udara (bandara) digunakan sebagai tempat untuk lepas landas dan mendarat pesawat. Ada bandara berkelas internasional dan ada juga lapangan terbang domestik.
Beberapa lapangan terbang yang dapat digunakan untuk mendarat pesawat jenis besar antara lain sebagai berikut :
a. Lapangan terbang Polonia di Medan (Sumatra Utara)
b. Lapangan terbang Juanda di Surabaya (Jawa Timur)
c. Lapangan terbang Soekarno-Hatta di Tangerang (Banten)
d. Lapangan terbang Halim Perdana Kusuma di Jakarta
e. Lapangan terbang Ngurah Rai di Denpasar (Bali)
f. Lapangan terbang Frans Kaisiepo di Biak (Irian Jaya)

4. Jalan
Jalan dibuat untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya. Jalan-jalan di pegunungan dibuat berkelok-kelok agar kemiringan tanahnya berkurang. Sementara jalan di dataran rendah biasanya lurus.

5. Terminal
Terminal adalah tempat masuk dan keluar alat transportasi darat terutama bis. Provinsi DKI Jakarta adalah salah satu daerah yang banyak sekali memiliki terminal, antara lain terminal bis Pulogadung di Jakarta Timur, Terminal Bis Tanjung Priok di Jakarta Utara, Terminal Bis Lebak Bulus di Jakarta Selatan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar