Sabtu, 20 Oktober 2012

bapak pramuka dunia

Bapak Pramuka Dunia ?

Bapak Pramuka Dunia
Bapak pramuka dunia adalah Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
Nama asli beliau adalah Robert Stephenson Smyth dan dilahirkan di London, Inggris pada tanggal 22 Februari 1857 dan meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

Awal tahun 1908 Dia menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya ketika terperangkap dalam pengepungan Mafeking. Yap, sebelumnya Boden Powell memang adalah angggota militer.
Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting  For Boys ”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout.
Tahun 1912, dirintislah gerakan Girl Guides  khusus wanita bersama dengan adik perempuannya Agnes, yang kemudian dilanjutkan oleh istrinya Ovale St. Clair Soames.
Kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) mulai ada pada tahun 1916, dengan buku The Jungle Book  karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya.
 Kemudian pada tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun.
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World) .

sumber : kidnesia.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar