Sabtu, 20 Oktober 2012

evolusi sepak bola dari cina ke dunia

Evolusi Sepak Bola; Dari Cina ke Dunia


Sepak bola di era modern dimainkan 11 orang setiap tim. (dok. olympic.org)
Kenapa sepak bola menjadi olahraga paling populer sejagat? Jawabannya, tentu karena permainan ini sangat indah, menarik, dan terkadang menampilkan atraksi-atraksi spektakuler. Sebelas orang pemain dari masing-masing tim, tampil dengan skill yang mumpuni, dribbling oke,tackling bersih, dan tendangan bebas (free kick) yang hebat, lalu dipadu dengan permainan tim yang menarik, maka jadilah olahraga sepak bola sebagai permainan tim yang sangat digemari.
Bagaimanakah sejarah permainan ini? Banyak perdebatan tentang siapa penemunya dan dari negara mana asalnya. Ada yang menyebutkan ia berasal dari Romawi, namun tak sedikit yang menyatakan asalnya dari Cina. Bahkan, federasi sepak bola internasional (FIFA) lebih condong menyebut asal sepak bola dari negeri Tirai Bambu itu.

Permainan Tsu Chu di Cina
Tapi, ada pula yang menganggapnya permainan ini berasal dari Yunanikuno. Di negara tersebut, olahraga ini bernama episkyros. Demikian dilansirshalimow.com. Bukti permainan itu terlihat dari relief-relief yang terdapat di museum Yunani. Disana diganbarkan, sejumlah anak muda memegang bola dan memainkannya dengan paha.
Di Prancis, permainan seperti itu disebut dengan choule, di Jepang disebut dengan kemari. Dalam versi Jepang, olahraga ini dimainkan sedikitnya oleh dua orang dan terbanyak 12 orang untuk masing-masing tim. Diperkirakan, olahraga ini sudah ada sejak 1000 tahun sebelum masehi (SM) atau 3000 tahun lalu. Dan konon, dari sinilah permainan olahraga itu hadir lalu dibawa ke Cina.

Permainan Choule (www.footballnetwork.org)
Tapi, FIFA secara resmi menyebutkan bahwa olahraga ini lahir dari Tiongkok. Sepak bola disebut-sebut sebagai permainan rakyat yang diberi nama Tsu Chu yang artinya menendang bola. Tsubermakna menendang, danchu berarti bola dari kulit. Konon, permainan ini sudah ada sejak tahun 206 sebelum masehi (SM) saat pemerintahan Dinasti Han. Dalam permainan ini mereka menggunakan bola dari kulit binatang lalau menendang dan membawanya ke pihak lawan untuk dijebloskan ke dalam sebuah jaring yang dibentang di antara dua buah tiang.
Namun, ternyata bukan hanya kulit binatang yang dijadikan bola, sesuatu yang mirip bola pun mereka jadikan alat permainan untuk ditendang, termasuk tengkorak. Tengkorak kepala itu ditendang ke sana kemari, termasuk digiring ke gawang lawan.
Tapi, di dunia modern saat ini, cikal bakal lahirnya sepak bola disebut-sebut lahir di Inggris. Karena, di negeri Ratu Elizabeth inilah permainan sepak bola diisi dua tim dengan 11 orang pemain. Tahun 1857, klub pertama di dunia hadir di Inggris, di Kota Sheffield, yaitu Sheffield Football Club. Pada 26 Oktober 1863 berdiri organisasi sepak bola Inggris dengan nama Football Association (FA).

Permainan Kemari di Jepang (wikimedia)
Pada tahun 1886 lahir induk organisasi sepak bola dunia dengan nama International Football Association Board (IFAB). Tak berselang lama, organisasi serupa muncul di sejumlah negara lainnya, seperti Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Cile, Swiss, dan Belgia pada 1895, Italia (1898), Jerman dan Uruguay (1900), Hungaria (1901), dan Finlandia (1907). Puncaknya lahir FIFA di Paris, Prancis, pada 21 Mei 1904, yang menjadi induk dari organisasi sepak bola seluruh dunia. (syafik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar